Ads by Google

Monday 4 December 2017

BERWISATA SEJARAH KE PULAU BUTON | TRAVELLING TO BUTON ISLAND

SIAPA yang tak kenal dengan Pulau Buton, Sulawesi Tenggara yang dikenal sebagai penghasil aspal alam terbesar, serta memiliki panorama alam terindah.

Bila Anda berkesempatan untuk mengunjungi Pulau Buton, jangan lewatkan objek wisata Pantai Nirwana yang letaknya tidak jauh dari Kota Bau-Bau. Pantai Nirwana memiliki pasir putih dikelilingi oleh pulau-pulau kecil yang menentramkan hati. Di pantai ini, Anda dapat berenang dan menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang cantik.

Selain itu terdapat juga Benteng Keraton Buton yang dibangun dari batugunung selama lebih dari 15 tahun dan mengitari wilayah kerajaan sultanbuton keenam yakni Sultan Gafurul Wadudu. Konon, batu batuan terse but direkatkan satu dengan lainnya memakai putih telur sehingga susunan batu tersebut kokoh bersatu. Dari atas benteng tersebut kita dapat melihat jelas pemandangan Kota Bau-Bau dari.ketinggian karena letaknya berada di dataran tinggi.

Bersamaan dengan awal pembangunan benteng Buton, dibangun pula Masjid Agung Buton. Uniknya di Masjid Buton, setiap salat Jumat para imam mesjid dan pengurusnya memakai pakai- an khusus khas Buton lengkap dengan sorban dengan membawa tongkat.

Setiap tongkat mencerminkan derajat posisi di masyarakat dan meletakan tongkat dalam susunan rapi di teras samping masjid. Menurut cerita masyarakat Buton, doa para imam yang ikhlas dan memohon kepada Allah agar merahmati penduduk itulah yang membawa berkah kepada masyarakat Buton. Tangkapan hasil laut mereka akan melimpah serta membawakan keselamatan panjang selama mereka mencari nafkah sebagai nelayan di laut. Pelaut Buton dari awal abad 15 sudah dikenal mampu membawa kapal cadiknya hingga ke Australia dan Afrika.


No comments:

Post a Comment